catatan ringan dari negeri antah berantah


tak ayal mungkin jika kita menyebutkan bahwa generasi muda bangsa saat ini sangat rapuh oleh perkembangan IT yang begitu pesatnya. Yang menjadi kambing hitam dari dekadensi moral pemuda saat ini adalah IT. ya…. IT. inilah yang sebagian orang menganggap bahwa setan baru telah tercipta di dunia yang sudah mulai tua ini. jika setan dari dulu mereka sebut dengan gelar iblis, nah sekarang setan itu memiliki gelar baru yang disebut teknologi.

 

teknologi memang telah membentuk sebuah peradaban baru dalam sejarah dunia. jika kt telisik dari segi sejarah, peradaban yang mengalami transisi paling kental adalah akhir abad 18 dan abad 19. ini semua diawali dari sebuah pertanyaan bodoh Newton. kenapa buah apel itu jatuh ke bawah. kenapa tidak jatuh ke atas?. newton mencari tahu dan bertanya kepada setiap orang yang dianggapnya berkompeten di bidang itu. dari sekian banyak orang yang didatangi newton, jawaban mereka semua rata” sama. mereka memperolok” newton sembari mengatakan : jika kau ingin tau jawabannya, maka tanyalah Tuhan.

 

dari caci maki hingga olok” yang ia terima, newton malah membuat sebuah gebrakan yang mampu menantang keabsahan alam ini. dan ia mampu membuktikan itu dengan banyaknya bidang pengetahuan yang menggunakan 3 hukum newton dalam kehidupan sehari.

inilah cikal bakal terciptanya sebuah kata ‘teknologi’ yang mampu mengubah pola pikir dan peradaban manusia hingga saat ini.

Image 

 

jadi, apakah pantas teknologi ini menjadi kambing hitam atas tragedi generasi muda yang menimpa kita saat ini??ataukah kita hendak menyalahkan negara? atau malah keluarga?

 

 

 

About rahmatnawisiregar

tidak ada sesuatu yang spesial dalam diri ini. masih begitu banyak hal yang perlu saya pelajari. menempatkan diri dalam kondisi kritis, keluar dari zona kenyamanan yang ada, dan yakin bahwa semesta akan mendukung
This entry was posted in IT, pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s