sekelumit tentang “13 Wasiat Terlarang”


Imagekali ini saya akan coba untuk mengupas sedikit tentang buku yang menurut saya sangat luar biasa dahsyatnya “13 Wasiat Terlarang” nya mas Ippho Santosa. Buku ini sangat mampu mengoptimalkan otak kanan setiap pembaca nya. ahhhhh tak usah berlama-lama, langsung aja ke TKP yaa…🙂 cekidot

 

wasiat pertama adalah :

Pertama-tama, TERTAWALAH.

ternyata, ketika kita tertawa karena sebuah gurauan, maka pada waktu yang sama kita telah mengasah kemampuan otak kanan. nah, ketika kita tertawa karena sesuatu hal yang tidak jelas, maka saran saya adalah RSJ jawabannya. hahahahaa…

saat kita tertawa, maka otak kiri kita tidak bisa berfikir dan itu artinya otak kanan kita leluasa melahap gurauan demi gurauan. Kebalikannya, orang kiri menuding gurauan, permainan, cerita, dan kiasan itu cuma buang2 waktu saja. makanya ketika orang kiri menonton Raditya Dika sedang ngebanyol ala Stand Up Commedy, maka alih2 orang kiri tertawa, dia malah akan mengernyitkan dahinya ketika orang terbehek-behek melihat tingkah konyolnya penulis kambing jantan itu.

Rumah Sakit Dharma Graha di tangerang telah menerapkan terpai tawa semenjak tahun 1999.

 

wasiat kedua, adalah :

Bermainlah dengan Raja Namrud a.k.a Game

Ketika berkutat dengan game tertentu, maka kita telah mempertajam kemampuan otak kanan. kenapa? permainan butuh imajinasi yang lebih, dan imajinasi tempatnya di otak kanan. Apa yang anak-anak pelajari ternyata jauh lebih banya daripada apa yang seorang pelajari untuk menjadi S-3. kenapa? gak usah banyak tanya. pikirkan sendiri. gunakan imajinasi untuk menjawabnya ^-^V

 

wasiat ketiga, adalah :

tidak perlu cantik, berceritalah a.k.a STORY

fakta itu cuma bisa mengungkapkan. kalau cerita? bisa menghibur, membujuk, sekaligus menghanyutkan. cerita, inilah penyebab pak raden lebih diidolakan dari pada presenter berita TVRI yang monoton. ini juga penyebab mengapa guru sejarah lebih digemari daripada guru fisika. kenapa? guru sejarah identik dengan cerita, sedangkan guru fisika identik dengan derita. heheheheh

 

wasiat keempat, adalah:

berkiaslah seperti binatang jalang a.k.a metaphor

masyarakat yang berkomunikasi secara tidak langsung (high context) ternyata jago dalam bergurau, bermain, bercerita dan berkias. di Singapura, warganya tidak diperbolehkan mengemeudi dalam keadaan mabuk. lantas pemerintah disana tidak serta merta melarang, “dont drink and drive”, teptai mereka merangkai kalimat ” Engkau belum siap bertemu dengan-Ku. Pesan dari Tuhan”. nah, kalau begini ceritanya, mata ente pasti langsung melek. begitulah kiasan. dapat merangsang muatan-muatan yang terkandung di otak kanan.

 

wasiat kelima , adalah :

Bersoraklah, “Hidup kekurangajaran” a.k.a creativity

kreativitas bukanlah semata-mata menguras ide, tetapi juga soal berburu solusi, membalikkan cara pandang, menggebrak perubahan, atau aktifitas sejenis. kreativitas bisa membuahkan kesuksesan yang mengejutkan dan menakjubkan.

alkisah, paris hilton kala itu berada di pedesaan, ia mengamati tomat merah yang siap dipetik milik seorang petani.”saya akan membayar anda dua sen untuk tomat itu” ujar paris hilton.

“No way, say bisa mendapat lima sen untuk tomat seperti itu” kata si petani.

lalu, paris hilton menunjuk sebuah tomat yang kecil dan masih hijau. ” bagaimana dengan yang itu, dua sen boleh?”

“oh, kalau yang itu bolehlah” sahut si petani

“great” seri paris hilton, lantas ia menaruh dua sen di atas tangan si petani seraya berkata, “saya akan petik tomat itu satu minggu lagi. see you”

#paris hilton ko’ kere ya??heheheheh

 

wasiat keenam, adalah :

abaikan gutenberg, sambutlah Spielberg a.k.a visual

Konfusius berpesan, sebuah gambar setara nilainya dengan seribu kata. karena itu lah harga bisa menanjak dan melonjak, hanya jika diimbuhi dan dibubui dengan desain. lihatlah the lion king dan hello kitty, yang mempunyai lambang kucing senilai 1 milliar dolar.

 

wasiat ketujuh, adalah :

gumamkan Jingle, senandung lullaby a.k.a Musik

otak kiri tidak mampu menyantap musik, sedangkan otak kanan dengan senang hati melahapnya.

 

wasiat kedelapan, adalah:

Lihatlah yang tak terlihat a.k.a imajinasi

satu alasan tunggal mengapa oang kiri eterbataas pencapaiannya, karena mereka membatai pikiran mereka.kita hanya perlu menentukan tujuan dan itulah deskripsi tugas otak kanan. selebihnya, serahkanlah kepada otak kiri dan biarkanlah ia yang mengubek-ubek jalannya.

 

wasiat kesembilan, adalah :

urailah lima jenis sintesis

– generalis : orang yang mampu mengankangi sejumlah bidang sekaligus. contoh di bidang ini adalah paris hilton yang tidak hanya sebagai ahli waris Hilton Hotels Corp., tapi ia juga seorang model, aktris, penyanyi, bintang iklan, dan ne\\penulis buku.

– crosser : orang yang meninggalkan satu bidang, menyeberang ke bidang lain, dan berhasil di bidang barunya. salah satu contohnya adalah sosok ishan di film taree zamen par (saya saranka menonton film ini. kalau belum punya, silahkan email saya di rahmatnawisiregar@yahoo.com

– tricker : orang yang gesit menyongsong ketidakurutan, ketidakteraturan, bahkan ketidakpastian. contohnya adalah sosok ikal dan arai di film sang pemimpi.

– connector : orang yang jago menghubungkan hal-hal yang mulanya tidak ada hubungan.contohnya adalah george mendel, seorang pendeta austria yag mampu membaurkan matematika ddengan biologi, maka teraciklah ilmu pengetahuan baru bernama genetika modern.

– detector : orang yang jeli mengurai pola-pola kompleks, ia bagaikan melihat sesuatu yang terlihat oleh kebanyakan orang. contohnya adalah opah einstein. gak perlu dijabarin lagi lah yaaaa,,, semua udah tau.

 

wasiat kesepuluh, adalah :

Jangan berkata-kata sama sekali a.k.a empathy

otak kiri lantran bersifat self-centric tidak mampu berempati. sementara itu otak kanan, lantaran bersifat other centric, mampu melakukannya. untuk menumbuk dampak yag lebih dahsyat, maka leburlah kedua-duanya. kanan dan kiri. ingatah dua hal, sympathy is empty without empathy. dan kedua, empathy is sister of hospitality.

 

wasiat kesebelas,adalah :

booking tiket ke bali dan Jogja a.k.a hospitality

kenapa jogja dan bali? kenapa tidak medan? gak usah dijawab lagi ya…

kata Miguel Cruzatta, sopan santun itu bagai udara di dalam ban. harganya murah, namun bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. titik.

 

wasiat keduabelas, adalah :

Jangan sekadar meminta, bersyukurlah.

alkisah lagi ya…

seorang TNI curhat kepada temannya. “huh! sudah sekian tahun aku mengabdi, tetap saja jadi kapten. kata atasanku, baru dua tahun lagi aku bisa naik pangkat.”

“kamu harus bersukur. walau bagaimanapun, kamu masih bisa naik pangkat. lhaaa kalau aku? dari dulu sampai kapanpu, tetap saja jadi kapten”. tebak temannya ini berprofesi apa ya.. kalau gak ketawa, berarti imajinasinya belum main.

syukur cara kiri : meminta-dikabulkan-bersyukur

syukur cara kanan : bersyukur-meminta-dikabulkan.

 

wasiat ketigabelas, adalah :

Akhirnya, AYUNKAN TONGKAT MUSA

setiap individu mesti memperjuangkan hidup dan menemukan makna hidup ini merupakan salah satu inventori otak kanan. jika diumpamakan, matrealitas itu adalah tongkat harry potter dan spiritualitas adalah tongkat nabi musa, maka ambillah kedua tongkat itu. lalu ayunkan.

 

perhatikanlah tangan kiri dan tangan kanan anda. sadarilah, mereka berdua adalah tim yang hebat. jelas dong. bersama mereka mengangkat barang, bertepuk tangan, mengetik surat, memukuli nyamuk, dll. ketika anda berjalan, keduanya berayun silih berganti. yang satu maju, yang lain mudur. coba bayangkan kalau keduanya tidak mau mengalah. repot kan?

seperti itu jugalah otak kanan dan otak kri yang senantiasa bekerja beriringan dan saling mendukung. nah,sebenarnya apa sih fungsi otak kanan itu?

pertama, sebagai pendahuluan. inventori kanan itu menjadi sesuatu yang harus didahulukan. misalnya imajinasi, visi, intuisi, dan empati. hal ini senada dengan istilah orang batak “siamun pajolo” yang artinya kanan duluan.

kedua, sebagai keutamaan. inventori kanan itu menjadi sesuatu yang harus diutamakan. katakanlahm kreativitas, visi, sintesis, empati, keramahtamahan, syukur, dan pemaknaan hidup. istilah yang paling tepat dan akurat adalah “Gunakan Lajur Kanan untuk Mendahului(salah satu rambu lalu lintas)”

ketiga, sebagai pengangkat. inventori kanan itu berfungsi untuk mengangkat inventro kiri. bukankah setelah ide, imajinasi dan visi mencuat, barulah serentetan rencana dan strategi bisa muncul ke permukaan?

keempat, sebagai pelumas. inventori kanan berfungsi untuk melumasi otak inventori kiri. nyata-nyata ini terlihat pada gurauan, permainan, cerita, kiasan, desain, warna, visual, musik dan keramahtamahan. bukankah tanpa itu semua, sebuah pesan atay produk bisa terpental ditolak?

 

nah, banyak yang mengatakan kalau otak kanan dan otak kiri haruslah  seimbang. banyak orang yang mengira kalau optimalisasi otak kanan dan kiri haruslah sama. ini adalah salah satu kesalahan mendasar kita. saya sangat menyarankan anda untuk membaca buku ini, karena di buku ini disebutkan kalau untuk sukses 80 % otak kanan dan 20% otak kiri adalah seimbangnya kanan dengan kiri.

 

lalu tahukah anda kenapa 13 wasiat di atas di sebut terlarang?

karena rata-rata orang kiri akan mengatakan kita edan jika menjalankan 13 wasiat itu. 

 

 

 

 

 

 

 

 

About rahmatnawisiregar

tidak ada sesuatu yang spesial dalam diri ini. masih begitu banyak hal yang perlu saya pelajari. menempatkan diri dalam kondisi kritis, keluar dari zona kenyamanan yang ada, dan yakin bahwa semesta akan mendukung
This entry was posted in motivasi, pendidikan. Bookmark the permalink.

2 Responses to sekelumit tentang “13 Wasiat Terlarang”

  1. Sy sudah beli dr tahun lalu,tp blum sempat membacanya. Thx 4 sharing..
    Salam,
    http://suksesitubebas.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s