Mengapa Langit berwarna biru?


Pertanyaan ini pernah saya ajukan kepada guru saya waktu sd dulu dan jawaban guru saya adalah Gambarkarena itu adalah batas pandangan kita. Jadi semata-mata langit itu tidak ada dan yang ada hanyalah batas pandangan kita membuat sesuatu yang jauh berwarna biru. Puas tidak puas, saya pun menerima jawaban guru saya itu. HIngga bertahun-tahun jawabn itu terdoktrin di otak saya.

Well, untuk menjawab itu saya buat lah sebuah kronologi agar lebih mudah dipahami

1. Atmosfir (udara) bumi mengandung partikel gas, debu, dan berbagai partikel lainnya

2. Sinar matahari masuk ke bumi melalui atmosfir

3. Sinar matahari pastinya bertemu donk dengan beberapa partikel tadi.

4. Nah, sekedar penjelasan. sinar matahari bukanlah putih melainkan kumpulan dari berbagai warna. Nah, warna seperti merah atau kuning memiliki gelombang yang lebih panjang sehingga dapat menembus partikel tadi. Warna biru mempunyai gelombang yang lebih pendek dan tidak dapat menembus partikel tadi.

 

nah… itulah jawaban yang tepat mengapa langit berwarna biru. Ini juga bisa menjawab pertanyaan mengapa laut, danau, atau gunung berwarna biru.

 

About rahmatnawisiregar

tidak ada sesuatu yang spesial dalam diri ini. masih begitu banyak hal yang perlu saya pelajari. menempatkan diri dalam kondisi kritis, keluar dari zona kenyamanan yang ada, dan yakin bahwa semesta akan mendukung
This entry was posted in pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

