Permainan tradisional Padangsidimpuan (Tapanuli Selatan) bag.1


Waktu kecil dulu begitu banyak permainan tradisional yang bisa kita mainkan setiap saat. Namun permainan tradisional ini seakan mulai tergerus zaman yang mengandalkan teknologi sebagai wahana brain refreshing. Berikut ini saya tuliskan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh anak-anak di Padangsidimpuan (Tapanuli Selatan, SUMUT) :

1. Marsembar

Merupakan sebuah permainan yang mengandalkan kecepatan dan kerja sama tim. Permainan ini layaknya permainan lain terbagi atas 2 tim dengan minimal 2 orang setiap timnya. Semakin banyak anggota tim, permainan pun akan semakin seru. 1 tim bertindak sebagai pangayak (mengejar) dan lainnya berlari untuk menghindari kejaran si pangayak. Nah, jika dapat ditangkap (pangayak harus menangkap bagian tubuh lawan seperti tangan atau baju dengan hitungan 1-10), maka akan dijadikan sebagai tahanan. Nah, para tahanan ini hanya bisa dibebaskan dengan teman satu tim yang belum tertangkap dengan cara saling bersentuhan tangan. Tentunya tugas pangayak semakin bertambah, selain mengejar lawan yang belum tertangkap, mereka juga harus menjaga tawanan agar tidak dapar di “sembar” atau dibebaskan oleh temannya.Permainan ini akan semakin seru jika dilakukan pada malam hari, siang hari juga sebenarnya tidak ada masalah. Jika kamu mempunyai lari yang cepat dan lincah, maka permainan ini akan semakin mengasyikkan.

2. Marsiayak Jongkok.

Hampir sama dengan marsembar yang mengandalkan kecepatan dan kecerdikan, dengan 1 pangayak, permainan ini mewajibkan untuk lari di sektira tempat yang sudah di beri batas. Lalu pengayak harus menangkap kita dengan hitungan 1-10. Saat pangayak mencoba untuk menangkap kita, maka kita harus jongkok dan tidak bisa berlari lagi. Kalau kita ingin menyelamatkan teman kita agar bisa berlari lagi, kita yang belum jongkok harus memegang kepala teman kita.

3. Marsiayak Jabut

Jabut dalam bahasa Indonesia berarti sabut kelapa. Jabut disusun sampai membentuk gunung, semakin tinggu maka akan semakin seru.Tim Pangayak bertugas untuk menangkan tim lawan dan menyusun kembali sabut yang sudah ditendang oleh tim lain.

4. Marturnguk-nguk

Dibutuhkan kain yang bisa untuk menutupi seluruh bagian tubuh untuk memulai permainan ini. Kain yang biasa dipakai adalah selimut untuk menutupi seluruh bagian tubuh peserta. Nah satu orang bertugas untuk menebak salah seorang diantara beberapa orang yang berada dibalik selimut. Jika benar, maka yang tertangkap akan bertugas sebagai pangayak.

 

continue

About rahmatnawisiregar

tidak ada sesuatu yang spesial dalam diri ini. masih begitu banyak hal yang perlu saya pelajari. menempatkan diri dalam kondisi kritis, keluar dari zona kenyamanan yang ada, dan yakin bahwa semesta akan mendukung
This entry was posted in padangsidimpuan, Socialife. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s