Ron Clark Story


GambarInner Harlem Elementary School adalah sekolah dasar di New York yang terkenal dengan tingkat kelulusan ujian nasional yang selalu berada di peringkat bawah. Di sinilah Ron Clark mengajar murid-murid yang penuh dengan talenta namun minim perhatian. Dimulai dengan Tayshawn (Brandon Smith)di bidang seni, Shameika Wallace (Hannah Hodson) yang mempunyai bakat kepemimpinan, Badriyah (Bren eastcost) di bidang sains dan Julio Vasquez (Micah Williams) di Matematika. 

Tentunya Clark tidak menghadapi sedikit rintangan sebelum menemukan bakat yang terpendam di dalam diri para siswanya ini. Dimulai dengan isu rasial hingga kelakuan-kelakuan siswa yang saya jamin saya sendiri tidak akan tahan jika harus mengajar mereka. Namun Clark tentunya tidak akan semudah itu untuk melemparkan handuk, Dream Big Take Risk –lah yang membuatnya bertahan. 

Ada begitu banyak pesakitan yang dialami oleh Clark selama mengajar siswa-siswa yang membutuhkan perhatian lebih ini, seperti mengecat kelas agar kelihatan bersih, mobil yang dicoret-coret, cacian, dan masuk rumah sakit tentunya. Dengan semangat yang tidak pernah surut, Clark akhirnya berhasil mewujudkan tantangan yang pernah ia berikan kepada Kepala Sekolah yaitu meluluskan mereka dari Ujian Nasional.

Lalu akhirnya para siswa ini berhasil memasuki sekolah favorit yang ada di New York. Bukunya tentang peraturan-peraturan di Kelas yang berjudul The Essential 55 berada di daftar Best Seller-nya New York Times selama 13 minggu dan telah dicetak di lebih 25 negara.

Namun ada beberapa hal yang saya pernah lakukan ketika mengajar dengan apa yang dilakukan oleh Clark. Siswa sudah begitu jemu dengan peraturan-peraturan yang sudah dibuat oleh kebijakan sekolah dan ditambah lagi dengan aturan yang diterapkan oleh Clark di kelas malah semakin mempersulit keadaannya walau pada akhirnya dia berhasil  mengambil minat siswa. Menurut hemat saya, berikan kebebasan kepada siswa di kelas akan tetapi tetap dengan pengawasan kita sebagai guru. Ide seperti ini pernah saya cetuskan ketika saya mengajar dulu dan keinginan siswa untuk belajar serta kedekatan kita dengan siswa pun semakin terjalin dengan erat.

Well, itulah yang pernah saya lakukan. Bertentangan memang dengan apa yang dilakukan oleh banyak guru apalagi yang dilakukan oleh Ron Clark. Namun demikian, I do respect to Mr. Clark’s efforts.

Bagi para calon guru, you better watch it.

About rahmatnawisiregar

tidak ada sesuatu yang spesial dalam diri ini. masih begitu banyak hal yang perlu saya pelajari. menempatkan diri dalam kondisi kritis, keluar dari zona kenyamanan yang ada, dan yakin bahwa semesta akan mendukung
This entry was posted in film, motivasi, pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s